Definisi Kualitas Menurut Para ahli:
- Juran (1962), kualitas adalah kesesuaian dengan tujuan dan manfaatnya.
- Crosby (1979), kualitas adalah kesesuaian dengan kebutuhan yang meliputi availibility, delivery, reliability, maintainability, dan cost effectiveness.
- Deming (1982), Kualitas harus bertujuan memenuhi kebutuhan pelanggan sekarang dan dimasa mendatang.
- Feigenbaum (1991) Kualitas mmerupakan keseluruhan karakteristik produk dan jasa yang meliputi marketing, engineering, manufacture, dan maintenance, diman aproduk dan jasa tersebut dalam pemakaiannya akan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan.
- Scherkenbach (1991) Kualitas ditentukan oleh pelanggan; pelanggan menginginkan produk atau jasayang sesuai dengan kebutuhan dan harapannya pada suatu tingkat harga tertentu yang menunjukkan nilai produk tersebut.
- Elliot (1993) Kualitas adalah sesuatu yang berbeda untuk orang yang berbeda dan tergantung pada waktu dan tempat, atau dikatakan sesuai dengan tujuan.
- Goetch dan Davis (1995) kualitas adalah suatu keadaan kondisi dinamis yang berkaitan dengna produk, pelayanan, orang, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi apa yang diharapkan.
- Perbendaharaan istilah ISO 8402 dan dari Standar Nasional Indonesia (SNI 19-8402-1991), kualitas adalah keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang kemampuannya dapat memuaskan kebutuhan, baik yang dinyatakan secara tegas maupun tersamar.
November 24, 2009 at 6:00 pm
dapat referensi dari mana, harusnya dicantumkan juga biar jelas. thanx
November 26, 2009 at 2:26 pm
oce..^_^
tenang aj,,semuanya artikel yang ada di blog ini dirangkum dari bebagai buku kok..
btw terima kasih atas sarannya..
nanti pasti akan saya cantumkan sumber-sumbernya..