Definisi Kualitas

Definisi Kualitas Menurut Para ahli:

  1. Juran (1962), kualitas adalah kesesuaian dengan tujuan dan manfaatnya.
  2. Crosby (1979), kualitas adalah kesesuaian dengan kebutuhan yang meliputi availibility, delivery, reliability, maintainability, dan cost effectiveness.
  3. Deming (1982), Kualitas harus bertujuan memenuhi kebutuhan pelanggan sekarang dan dimasa mendatang.
  4. Feigenbaum (1991) Kualitas mmerupakan keseluruhan karakteristik produk dan jasa yang meliputi marketing, engineering, manufacture, dan maintenance, diman aproduk dan jasa tersebut dalam pemakaiannya akan sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan.
  5. Scherkenbach (1991) Kualitas ditentukan oleh pelanggan; pelanggan menginginkan produk atau jasayang sesuai dengan kebutuhan dan harapannya pada suatu tingkat harga tertentu yang menunjukkan nilai produk tersebut.
  6. Elliot (1993) Kualitas adalah sesuatu yang berbeda untuk orang yang berbeda dan tergantung pada waktu dan tempat, atau dikatakan sesuai dengan tujuan.
  7. Goetch dan Davis (1995) kualitas adalah suatu keadaan kondisi dinamis yang berkaitan dengna produk, pelayanan, orang, proses, dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi apa yang diharapkan.
  8. Perbendaharaan istilah ISO 8402 dan dari Standar Nasional Indonesia (SNI 19-8402-1991), kualitas adalah keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang kemampuannya dapat memuaskan kebutuhan, baik yang dinyatakan secara tegas maupun tersamar.

2 Responses to “Definisi Kualitas”

  1. henri Says:

    dapat referensi dari mana, harusnya dicantumkan juga biar jelas. thanx


Leave a comment