Dimensi Ekuitas Merek Menurut Lassar, Mithal, and Sharma

Dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang sejumlah skala pengukuran spesifik customer based brand equity (CBBE) berbasis survei konsumen. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan ukuran ekuitas merek yang diadaptasi dari hasil penelitian Lassar, Mittal & Sharma (dalam Fandi Tjiptono ; 2005:51) yang berpandangan bahwa ekuitas merek merupakan pandangan konsumen individu terhadap  terhadap suatu merek yang dikenal baik dalam ingatannya.

Berdasarkan pengertian tersebut, Lassar, Mittal & Sharma mengidentifikasikan lima dimensi ekuitas merek, diantaranya sebagai berikut:

Performance (Kinerja)

Penilaian konsumen tentang suatu merek yang unggul secara keseluruhan, baik dari penampilan, kualitas maupun manfaat dari penggunaan produk tersebut.

Social Image (Citra sosial)

Persepsi konsumen terhadap merek dimana merek tersebut dapat memberikan kebanggan bagi penggunanya.

Value (nilai)

Persepsi konsumen terhadap utilitas merek dibanding biaya merek, yang didasarkan pada pertimbangan simultan atas apa yang diterima dan apa yang diberikan untuk mendapatkan manfaat merek.

Trustworthiness (Kepercayaan)

Yaitu keyakinan konsumen terhadap perusahaan dan komunikasinya, serta segala tindakan yang dilakukan oleh perusahaan adalah untuk kepentingan konsumen.

Commitment (komitmen)

Kekuatan relatif dari perasaan pribadi yang dirasakan oleh konsumen terhadap suatu merek. Contohnya, seseorang semakin menyukai sebuah merek televisi setelah melihat kinerja dari televisi merek X.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: