Definisi Manajemen Pemasaran

Definisi Manajemen Pemasaran

Pada dasarnya, pengertian manajemen pemasaran dapat didefinisikan dari sudut pandang sosial dan sudut pandang manajerial. Dalam sudut pandang sosial pemasaran didefinisikan sebagai sebuah proses sosial yang dimana dengan proses itu individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan iinginkan dengan cara menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan jasa yang bernilai dengan pihak lain. Sedangkan manajemen pemasaran dari sudut pandang manajerial didefiniskan oleh Peter Drucker (Kotler:10) bahwa tujuan pemasaran adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri.

Berbeda dengan Drucker, pemasaran didefinisikan oleh Asosiasi Pemasaran Amerika (Kotler:10-11) sebagai suatu proses  prencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi dan penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi sasaran individu dan organisasi. Selain itu, menurut Kotler (2005:11) manajemen pemasaran juga dapat diartikan sebagai sebuah seni dan ilmu untuk memilih pasar sasaran serta mendapatkan, mempertahankan, dan menambah jumlah pelanggaan melalui penciptaan, penyampaian, dan  pengkomunikasian nilai pelanggan yang unggul.

Dari beberapa definisi manajemen diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran merupakan sebuah proses dan ilmu yang melibatkan fungsi manajerial dan seni dalam melakukan serangkaian aktivitas pemasaran sehingga tujuan dari organisasi maupun perusahaan dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: