Hal-hal Penting yang harus dilakukan agar TQM dapat terlaksana

Manajemen kualitas terpadu akan dapat tercapai bila perusahaan atau organisasi dapat melaksanakan kegiatannya dengan berpedoman pada atribut efisiensi. Menurut Oakland (1994) atribut efisiensi tersebut adalah:

  1. Dukungan, organisasi harus mendukung pada penyediaan produk dan jasa untuk mengembangkan organisasi. Manajemen juga harus mendukung pada penyediaan produk dan jasa tersebut secara efisien dan menguntungkan.
  2. Konsistensi, produk atau jasa yang dihasilkan harus memiliki konsistensi dalam kinerja, misalnya ketepatan waktu, kebersihan ruangan, kesabaran dalam memberikan pelayanan dan sebagainya.
  3. Kemampuan, Kualitas produk maupun jasa yang ditawarkan sangat dipengaruhi oleh keahlian karyawan.
  4. Hubungan, Organisasi harus menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan.
  5. Komunikasi, Untuk mewujudkan kualitas produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, harus didukung dengan komunikasi yang baik antara pelanggan dengan pihak pemberi jasa.
  6. Kepercayaan, Organisasi atau perusahaan harus dapat dipercaya, dan antara pihak organisasi atau perusahaan dengan pelanggan juga harus ada rasa saling percaya, karena hal ini dapat memperlancar komunikasi antara pelanggan dan organisasi.
  7. Perasaan, organisasi harus mempunyai rasa simpati terhadap kepada karyawan organisasi, manajemen perusahaan dan kebutuhan pelanggan.
  8. Kesopanan, hubungan langsung antara karyawan organisasi dengan pelanggan hendaknya dilakukan dengan sikap yang sopan santun.
  9. Kerjasama, perusahaan hendaknya melakukan kerjasama dengan pelanggan untuk mendapatkan produk dan jasa yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  10. Kemampuan, organisasi atau perusahaan harus mempunyai kemampuan untuk mengambil tindakan atau keputusan yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
  11. Kepercayaan, Organisasi atau perusahaan harus memiliki rasa percaya diri bahwa organisasi tersebut dapat memberikan jasa yang terbaik bagi pelanggan
  12. Kritikan, organisasi atau perusahaan tidak boleh menghindari kritikan yang bersifat membangun, apalagi kritikan itu berasal dari pelanggannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: