Biaya Kualitas

Menurut Russel (1996) Komponen biaya kualitas terdiri dari:

Biaya Kualitas Jenis Biaya Komponen Biaya
Biaya untuk menghasilkan produk yang berkualitas

(Cost of achieving Quality)

  • Biaya pencegahan; biaya perencanaan kualitas, biaya perancangan produksi, biaya pemrosesan, biaya pelatihan, dan biaya informasi akan kualitas yang diharapkan pelanggan.
  • Biaya penilaian; biaya untuk mengadakan inspeksi, biaya peralatan pengujian, dan biaya operator.
Biaya yang arus dikeluarkan karena perusahaan menghasilkan produk cacat

(Cost of poor quality)

  • Biaya kegagalan internal; biaya yang dikeluarkan karena produk harus di buang, biaya pengerjaan ulang, biaya kegagalan proses, biaya yang harus dikeluarkan karena proses produksi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, dan biaya yang harus dikeluarkan karena perusahaan terpaksa menjual produknya di bawah harga patokannya karena produk yang dihasilkan cacat.
  • Biaya kegagalan eksternal; biaya untuk memberikan pelayanan terhadap keluhan pelanggan, biaya yang harus dikeluarkan karena produk telah disampaikan kepada konsumen dikembalikan karena produk cacat, biaya yang dikeluarkan untuk menangani tuntutan konsumen terhadap adanya jaminan kualitas produk, biaya yang harus dikeluarkan karena perusahaan harus memberikan jaminan atau garansi bahwa produk yang dihasilkan adalah baik, biaya yang harus dikeluarkan karena perusahaan tidak dipercaya oleh konsumen sehingga tidak mau lagi membeli produk ke perusahaan tersebut.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: